BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 07 April 2011

Kebutuhan nutrisi ibu nifas


KEBUTUHAN NUTRISI IBU NIFAS

1.     PENGERTIAN NUTRISI

Nutrisi adalah zat kimia organik dan anorganik yang ditemukan dalam makanan dan diperoleh untuk penggunaan fungsi tubuh.

2.     JENIS – JENIS NUTRISI

1)      Karbohidrat
Karbohidrat adalah komposisi yang terdiri dari elemen karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat dibagi atas :
a.       Karbohidrat sederhana (gula) ; bisa berupa monosakarida (molekul tunggal yang terdiri dari glukosa, fruktosa, dan galaktosa). Juga bisa berupa disakarida (molekul ganda), contoh sukrosa (glukosa + fruktosa), maltosa (glukosa + glukosa), laktosa (glukosa + galaktosa).
b.      Karbohidrat kompleks (amilum) adalah polisakarida karena disusun banyak molekul glukosa.
c.       Serat adalah jenis karbohidrat yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan, tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan sedikit atau tidak menghasilkan kalori tetapi dapat meningkatkan volume feces.
2)      Lemak
Lemak merupakan sumber energi yang dipadatkan. Lemak dan minyak terdiri atas gabungan gliserol dengan asam-asam lemak.Fungsi lemak :

a.       sebagai sumber energi ; merupakan sumber energi yang dipadatkan dengan memberikan 9 kal/gr.
b.      Ikut serta membangun jaringan tubuh.
c.       Perlindungan.
d.      Penyekatan/isolasi, lemak akan mencegah kehilangan panas dari tubuh.
e.      Perasaan kenyang, lemak dapat menunda waktu pengosongan lambung dan mencegah timbul rasa lapar kembali segera setelah makan.
f.        Vitamin larut dalam lemak.

3)      PROTEIN
Protein merupakan konstituen penting pada semua sel, jenis nutrien ini berupa struktur nutrien kompleks yang terdiri dari asam-asam amino. Protein akan dihidrolisis oleh enzim-enzim proteolitik. Untuk melepaskan asam-asam amino yang kemudian akandiserap oleh usus. Fungsi protein :

a.       Protein menggantikan protein yang hilang selama proses metabolisme yang normal dan proses pengausan yang normal.
b.      Protein menghasilkan jaringan baru.
c.       Protein diperlukan dalam pembuatan protein-protein yang baru dengan fungsi khusus dalam tubuh yaitu enzim, hormon dan haemoglobin.
d.      Protein sebagai sumber energi.
4)       Vitamin
Vitamin adalah bahan organic yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh dan berfungsi sebagai katalisator proses metabolisme tubuh. Ada 2 jenis vitamin :

a.       Vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E, K.
b.      Vitamin larut air yaitu vitamin B dan C (tidak disimpan dalam tubuh jadi harus ada didalam diet setiap harinya).
5)      Mineral dan Air
Mineral merupakan unsur esensial bagi fungsi normal sebagian enzim, dan sangat penting dalam pengendalian system cairan tubuh. Mineral merupakan konstituen esensial pada jaringan lunak, cairan dan rangka. Rangka mengandung sebagian besar mineral. Tubuh tidak dapat mensintesis sehingga harus disediakan lewat makanan.
 Tiga fungsi mineral :
a.       Konstituen tulang dan gigi ; contoh : calsium, magnesium, fosfor.
b.      Pembentukan garam-garam yang larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh ; contoh Na, Cl (ekstraseluler), K, Mg, P (intraseluler).
c.       Bahan dasar enzim dan protein.
3.     GUNA NUTRISI BAGI TUBUH
a.       Sumber tenaga (energi)
Sumber tenaga yang diperlukan untuk pembakaran tubuh dan pembentukan jaringan baru. Zat nutrisi yang termasuk sumber energi adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat berasal dari padi-padian, kentang, umbi, jagung, sagu, tepung roti, mie, dan lain-lain. Lemak bisa diambil dari hewani dan nabati. Lemak hewani yaitu mentega dan keju. Lemak nabati berasal dari minyak kelapa sawit, minyak sayur dan margarin.
b.      Sumber pembangun (protein)
Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan penggantian sel-sel yang rusak atau mati. Sumber protein dapat diperoleh dari protein hewani dan protein nabati. Protein hewani antara lain telur, daging, ikan, udang kerang, susu dan keju. Sedangkan protein nabati banyak terkandung dalam tahu, tempe, kacang-kacangan,  dan lain-lain.
c.       Sumber pengatur dan pelindung (mineral, air dan vitamin)
Mineral,air dan vitamin digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit dan mengatur kelancaran metabolisme di dalam tubuh. sumber zat pengatur bisa diperoleh dari semua jenis sayur dan buah-buahan segar. Beberapa mineral yang penting, antara lain:
*      Zat kapur untuk pembentukan tulang. Sumbernya berasal dari susu, keju, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran berdaun hijau.
*      Fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi. Sumbernya berasal dari susu, keju, dan daging.
*      Zat besi untuk menambah  sel darah merah. Sumbernya berasal dari kuning telur, hati, daaging, kerang, kacang-kacangan dan sayuran.
*      Yodium untuk mencegah timbulnya kelemahan mental. Sumbernya berasal dari ikan, ikan laut, dan garam beryodium.
*       Kalsium merupakan salah satu bahan mineral ASI dan juga untuk pertumbuhan gigi anak. Sumbernya berasal dari susu, keju dan lain-lain.

Kebutuhan akan vitamin pada masa menyusui meningkat untuk memenuhi kebutuhan bayinya. beberapa vitamin yang penting, antara lain:
*      Vitamin A untuk penglihatan berasal dari kuning telur, hati, mentega, sayuran berwarna hijau, wortel, tomat dan nangka.
*      Vitamin B1 agar napsu makan baik yang berasal dari hati, kuning telur, tomat, jeruk, nanas.
*      Vitamin B2 untuk pertumbuhan dan pencernaan berasal dari hati, kuning telur, susu, keju, sayuran hijau.
*      Vitamin B3 untuk proses pencernaan, kesehatan kulit, jaringan saraf dan pertumbuhan. Sumbernya antara lain susu, kuning telur, daging, hati, beras merah, jamur dan tomat.
*      Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah serta jkesehatan gigi dan gusi. Sumbernya antara lain gandum, jagung, hati dan daging.
*       Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah dan kesehatan jaringan saraf. Sumbernya antara lain telur, daging, hati, keju, ikan laut dan kerang laut.
*      Vitamin C untuk pembentukan jaringan ikat dan bahan semua jaringan ikat (untuk penyembuhan luka), pertumbuhan tulang, gigi dan gusi, daya tahan terhadap infeksi dan memberikan kekuatan pada pembuluh darah. Sumbernya berasal dari jeruk, tomat, melon, mangga, pepaya dan sayuran.
*      Vitamin D untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi serta penyerapan kalsium dan fosfor. Sumbernya berasal dari minyak ikan, ikan, susu, margarine, dan penyinaran kulit dengan matahari pagi sebelum jam 9.
*      Vitamin K untuk mencegah perdarahan. SUmbernya berasal dari hati, brokoli, bayam dan kuning telur.
Untuk kebutuhan cairannya, ibu menyusui harus minum sedikitnya 3 liter air setiap hari (anjurkan ibu untuk minum setiap kali menyusui).


4.     MANFAAT NUTRISI PADA IBU NIFAS

*      Untuk mempercepat kesembuhan ibu terutama kesembuhan alat reproduksi
*      Untuk memenuhi nutrisi ibu, agar dapat mencukupi kebutuhan asi bayi nya
5.     DAMPAK NUTRISI IBU NIFAS TIDAK TERPENUHI
Dapat terjadi malnutrisi
Yaitu kekurangan intake dari zat-zat makanan terutama protein dan karbohidrat. Dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembngan dan kognisi serta dapat memperlambat proses penyembuhan.
Tipe-tipe malnutrisi :
Defisiensi Nutrien ; contoh : kurang makan buah dan sayur menyebabkan kekurangan vitamin C yang dapat mengakibatkan perdarahan pada gusi.
Marasmus ; kekurangan protein dan kalori sehingga terjadinya pembongkaran lemak tubuh dan otot. Gambaran klinis : atropi otot, menghilangnya lapisan lemak subkutan, kelambatan pertumbuhan, perut buncit, sangat kurus seperti tulang dibungkus kulit.
Kwashiorkor ; kekurangan protein karena diet yang kurang protein atau disebabkan karena protein yang hilang secara fisiologis (misalnya keadaan cidera dan infeksi). Ciri-cirinya : lemah, apatis, hati membesar, BB turun, atropi otot, anemia ringan, perubahan pigmentasi pada kulit dan rambut.


EFEK MALNUTRISI TERHADAP SISTEM TUBUH

No.
SISTEM
EFEK
1.
Neurologis/temperatur regulasi
Menurunkan metabolisme dan suhu basal tubuh.
2.
Status mental
Apatis, depresi, mudah terangsang, penurunan fungsi kognitif, kesulitan pengambilan keputusan.
3.
Sistem imun
Produksi sel darah putih
Resiko terhadap penyakit infeksi bila leukosit turun.
4.
Muskuloskeletal
Penurunan massa otot, terganggunya kordinasi dan ketangkasan.
5.
Kardiovaskuler
Gangguan irama jantung, atropi jantung, pompa jantung turun.
6.
Respiratori
Atropi otot pernafasan, pneumonia.
7.
Gastrointestinal
Penurunan massa feces, penurunan enzim pencernaan, penurunan proses absorbsi, mempersingkat waktu transit, meningkatkan pertumbuhan bakteri, diare, mengurangi peristaltik.
8.
Sistem urinaria
Atropi ginjal, mengubah filtrasi dan keseimbangan cairan dan elektrolit.
9.
Sistem hati dan empedu
Mengurangi penyimpanan glukosa, mengurangi produksi glukosa dari asam amino, mengurangi sintesa protein.



6.     KEBUTUHAN NUTRISI PADA IBU NIFAS  
Kalori
  • Proporsional dengan jumlah ASI yang dihasilkan
  • Kebutuhan kalori ibu menyusui lebih tinggi dari pada ibu hamil yaitu kira-kira 500Kkal/hari
  • Rata-rata ibu menyusui harus mengkonsumsi 2300-2700 Kkal/hari
Protein
  • Ibu Menyusui memerlukan tambahan protein 20 gram diatas kebetuhan normal Jumlah ini hanya 16% dari tambahan 500kkal yang dianjurkan
Cairan
  • Sangat dianjurkan Ibu menyusui minum 2-3liter per hari, baik itu susu, air putih maupun jus, ingat bukan minuman ringan / softdrink.
Vitamin dan Mineral
  • Kebutuhan akan Ca, Mg, Zn, vit B6, Fe dan Folat ibu menyusui lebih besar dari pada ibu hamil
  • Multi vitamin seimbang dan suplemen mineral diperlukan bila ibu menyusui kurang dari 1800kkal/hari
  • Supplemen Ca diperlukan untuk ibu menyusui yang intoleran laktosa atau kurang konsumsi susu dan sumber Ca lainnya.
  • Supplemen Vit D diperlukan untuk ibu menyusui yang kurang konsumsi susu yang mengandung vit D ( misalnya susu cereal) dan kurang sinar matahari.
  • Supplemen Zn diperlukan untuk mengganti deficit Zn selama hamil dan melahirkan
  • Supplemen vit B12 perlu untuk ibu menyusui vegetarian yang kurang mendapatkan sayuran kaya vit B12 secara teratur.
  • Dianjurkan untuk konsumsi lemak omega 3 ( semacam ikan laut, kakap, tongkol). Asam lemak omega 3 akan diubah menjadi DHA yang dikeluarkan melalui ASI










Tabel Perbandingan angka kecukupan energi dan zat gizi wanita dewasa dan tambahannya untuk ibu hamil dan menyusui
No
Zat Gizi
Wanita Dewasa
Ibu Hamil
Ibu menyusui
0 – 6 bulan
7 – 12 bulan
1.
Energi (kkal )
2200
285
700
500
2
Protein (g)
48
12
16
12
3
Vitamin A (RE)
500
200
350
300
4
Vitamin D (mg)
5
5
5
5
5
Vitamin E (mg)
8
2
4
2
6
Vitamin K (mg)
6,5
6,5
6,5
6,5
7
Tiamin (mg)
1,0
0,2
0,3
0,3
8
Riboflavin (mg)
1,2
0,2
0,4
0,3
9
Niasin (mg)
9
0, 1
3
3
10
Vitamin B 12 (mg)
1,0
0,3
0,3
0,3
11
Asam Folat (mg)
150
150
50
40
12
Piidoksin (mg)
1,6
0,6
0,5
0,5
13
Vitamin C (mg)
60
10
25
10
14
Kalsium (mg)
500
400
400
400
15
Fosfor (mg)
450
200
300
200
16
Besi (mg)
26
20
2
2
17
Seng (mg)
15
5
10
10
18
Yodium (mg)
150
25
50
50
19
Selenium (mg)
55
15
25
20


0 komentar: